Tips Hemat Biaya Saat Kuliah

Bagi sebagian orang, biaya selama kuliah sangatlah besar, tertutama bagi yang kuliah di luar kota. Menghadapi tantangan yang tak mudah ini, kita harus pintar.

Berikut adalah lima tips menghemat biaya kuliah, agar kita bisa mengamankan uang yang kita miliki dengan sebaik mungkin yang dikutip dari laman Lentera Bisnis:

1. Pilih sarana yang mendukung

Dewasa ini, terdapat akses online untuk memudahkan pendaftaran mahasiswa baru, termasuk dari mengurangi biaya yang dikeluarkan. Lebih lanjut, sejumlah bank juga mampu menawarkan solusi tabungan yang khusus diperuntukkan bagi kalangan mahasiswa. Dengan memanfaatkan sarana seperti ini, kamu bisa menghemat uang dengan prosedur sesuai dengan yang ditentukan oleh baik, misalnya dari potongan biaya administrasi atau batas minimal saldo pada rekening.

2. Lindungi data pribadi

Dengan membuat keputusan untuk menggunakan sarana modern untuk menunjang aktivitas ekonomi atau transaksional, seperti memiliki ATM dan akun e-banking, kamu juga harus bertanggung jawab untuk selalu menjaga keamanan data pribadi tersebut. Sekilas, melindungi informasi pribadi terasa sepele untuk menghemat biaya kuliah. Nyatanya, kasus pencurian rentan terjadi di kalangan mahasiswa yang kurang berhati-hati dalam menggunakan informasi pribadinya.

3. Manfaatkan fasilitas yang ada

Di zaman modern seperti sekarang ini, banyak kampus yang telah mampu menyediakan berbagai fasilitas yang dapat menunjang kebutuhan mahasiswanya, serta memang diperuntukkan bagi penggunaan oleh kalangan mahasiswanya. Maka dari itu, berhematlah dengan menggunakan fasilitas yang telah ada di sekitarmu, misalnya sarana olahraga, seni, dan layanan akademis. Toh, biaya perkuliahan juga mencakup kesempatanmu untuk memaksimalkan penggunaan fasilitas-fasilitas seperti ini, bukan?

4. Manfaatkan layanan promo atau diskon

Selagi masih berstatus sebagai mahasiswa, manfaatkanlah segala peluang yang ada, termasuk dengan menggunakan beragam promo dan diskon yang disediakan secara khusus untuk kalangan mahasiswa. Kini, telah banyak fasilitas dengan manfaat khusus yang diberikan untuk kalangan mahasiswa, sebut saja gerai kopi. Baik dalam bentuk promo happy hours atau potongan harga untuk total pengeluaran, kartu mahasiswamu sangat ampuh selama berhemat.

5. Cari beasiswa

Kesempatan untuk mengenyam pendidikan dengan biaya minim atau tanpa biaya sangat terbuka lebar. Tunjukkan kemampuan akademis atau non-akademismu untuk meraih beasiswa sebagai pendukung kegiatan akademikmu. Perluas pula jaringanmu, sehingga kamu akan memperoleh informasi terkini tentang pendaftaran President University, serta akses yang mumpuni untuk memperoleh beasiswa yang kamu impikan.

sumber


Author: Kang Anri

Cuma blogger amatir yang ingin share pengetahuan dan informasi.