Berbagai cara dilakukan untuk mencegah atau meminimalisir penyebaran virus Covid-19. Salah satunya adalah dengan menyemprotkan disinfektan di berbagai permukaan benda yang rawan menjadi media penularan kuman.

Membuat Disinfektan Rumahan

Disinfektan sendiri merupakan cairan pembersih yang biasanya dibuat dari alkohol, hidrogen peroksida, atau creosote. Cairan disinfektan juga bisa dibuat sendiri di rumah dengan mudah.

Lalu, bagaimana caranya?

Ini Dia Cara Membuat Desinfektan Rumahan dengan Mudah

Kandungan bahan kimia dalam disinfektan mampu menghambat pertumbuhan atau bahkan membunuh virus, bakteri, mikroorganisme, atau kuman berbahaya lainnya. Disinfektan diaplikasikan untuk membersihkan permukaan benda yang sering disentuh oleh banyak orang. Misalnya kursi, meja, gagang pintu, keran wastafel, tombol lift, lemari, dll.

Agar lebih hemat dalam menggunakan desinfektan, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Bahan utama untuk membuat disinfektan rumahan adalah produk pembersih rumah tangga.

Pasalnya, cairan pemutih pakaian ternyata mengandung natrium hipoklorit atau pun cairan pembersih karbol dengan kandungan benzalkonium klorida.

Namun, perlu diketahui bahwa produk cairan pemutih pakaian tersebut bersifat kaustik. Artinya, produk ini bisa menyebabkan iritasi atau kerusakan pada kulit. Oleh karena itu, sangat penting untuk menggunakannya dengan baik dan benar agar tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan.

Pertama, siapkan beberapa alat yang digunakan. Diantaranya adalah botol kaca dengan tutup, botol semprot plastik, gelas ukur, sarung tangan sekali pakai, lap flanel atau kain lembap, dan masker bedah atau masker N95. Sementara itu, bahan yang dibutuhkan diantaranya adalah 30 mL atau 2 sendok makan cairan pemutih (untuk 1 liter air) dan air bersih.

Cara membuatnya adalah sebagai berikut.

  1. Tuangkan cairan pemutih pakaian ke dalam botol kaca secara berhati-hati. Tambahkan air bersih dan aduk sampai semuanya tercampur merata.
  2. Tutup botol kaca tersebut dengan rapat. Kocok cairan secara perlahan supaya pemutih pakaian benar-benar tercampur dengan sempurna bersama air.
  3. Masukkan cairan pemutih pakaian yang sudah tercampur tersebut ke dalam botol-botol semprot yang lebih kecil. Tujuannya adalah supaya lebih mudah saat digunakan.
  4. Cairan disinfektan dari pemutih pakaian siap digunakan. Anda bisa membersihkan berbagai macam permukaan benda mati agar terhindar dari kuman. Sebaiknya, bersihkan permukaan benda tersebut dengan sabun dan air panas terlebih dahulu.

Hal yang perlu diperhatikan dalam membuat disinfektan dari cairan pemutih pakaian adalah penentuan kadar yang tepat, yaitu 0.05%. Jika kadar produk pemutih pakaian adalah 5%, maka harus diencerkan terlebih dahulu dengan air sampai kadarnya 0.05%. Sehingga, perbandingannya adalah 1:100 atau 1 bagian pemutih dengan 99 bagian air.

Jadi, pastikan Anda mengikuti prosedur yang tepat agar hasilnya pun aman dan bermanfaat. Jika masih ragu, bisa menggunakan jasa disinfektan yang tentu saja memiliki bahan yang sesuai dengan standar kesehatan.

Cara Mudah Membuat Disinfektan Rumahan